Wednesday, August 26, 2020

Perlukah Upgrade Ke Mi Band 5 ?

Mi band 5 saat ini sudah keluar, sebagai penerus Mi Band 4. Mi band 5 tentunya membawa penyegaran baru sebagai smartband sejuta umat.

Mi Band 5

Mi Band 5 membawa penyegaran diantaranya :
1. Memabawa layar yang lebih besar dengan 1.1" dibanding 0.95" pada Mi band 4
2. Resolusi yang lebih besar. dengan 126 x 294, 450 nit dibanding 120 x 240, 400 nit pada Mi band 4
3. Fitur sleep tracking yang ditingkatkan dengan REM Tracking.
4. 11 fitur olahraga, sedangkan Mi Band 4 hanya ada 6 fitur
5. Pemantauan siklus bulanan untuk wanita .
5. kapasitas battey yang ditingkatkan jadi 125 mAh

Namun Apakah fitur ini menjadikan kalian harus upgrade ke Mi Band 5? Yuk simak penjesannya Guys.
Mi band 4 sendiri  sudah memiliki fitur layar sentuh dan layar cukup terang di 400 nit. Walaupun Mi Band 5 memiliki 450 nit, hal ini akan menjadi gimik belaka. Karena dengan tingkat kecerahan 80% saja, saya masih bisa jelas melihat layar di bawah sinar matahari saat menggunakan Mi Band 4.
Resolusi yang besar tentunya dikarenakan penggunaan layar yang lebih lebar, sehingga pada dasarnya nilai PPI (Pixel Per Inch) nya masih sama, nah ini tergantung kepentingan kalian guys.

Hal lainnya seperti fitur NFC untuk pembayaran di Mi Band 4 dengan Versi sama-sama china sudah ada. dan versi Global sama-sama tidak memiliki NFC. Sleep tracking deng REM memang lebih baik namun untuk beberapa orang, apakah kalian menggunakannya 24 jam?, jika tidak tentunya ini bukan fitur yang berguna untuk kalian guys..

11 Mode Olahraga
11 Fitur olahraga bagi saya secara subjektif mubazir, karena hanya menggunakan Mi Band buat Jalan, Lari, dan Gowes. Jadi sisa fitur barunya sangat spesifik buat kalian yang memang memerlukan.


Pemantauan Siklus Bulanan Wanita
Sedangkang pemantauan siklus bulanan menjadi point yang cukup penting buat kalian cewe-cewe yang mau beli Mi Band. Mi Band 5 sudah mendukung siklus bulanan kalian.

Magnetic Charger
Sementara Penggunaan kapasitas baterai yang lebih besar hanya untuk mengimbangi layar yang membengkak. Sehingga daya tahan baterai tetap sama, namun saya apresiasi fitur magnetic charger pada Mi Band 5 yang sebelumnya saya tunggu di Mi Band 4.
Sayangnya fitur SPO2 yang dikabarkan dan ditunggu masih belum ada di Mi Band 5. Padahal ini menjadi fitur cukup penting saat Pandemi COVID-19 saat ini.

Kesimpulan subjektif saya, Mi Band 5 bukanlah penerus Mi Band 4 yang perlu saya beli, karena fitur penting yang saya butuhkan belum ada. dan beberapa fitur tambahan secara spesifik saya tidak memerlukan atau bukan menjadi fokus utama untuk upgrade.
Namun bagi kalian yang belum menggunakan smartband atau mau upgrade dari Mi Band 3, saya pikir kalian cukup mudah untuk mempertimbangkan dan beralih ke Mi Band 5.

Nah bagaimana komentar kalian, silahkan tulis di kolom komentar ya guys...

No comments:

Post a Comment

Brandcode B81 : HP Badak bisa jadi powerbank

      Brandcode pada dasaranya brand yang cukup asing bagi saya, namun saat saya mencoba mencari sebuah feature phone baru dengan antena, mu...